EdukasiPeristiwaSosial

Desa Digital, KKN Tematik Unram Desa Sama Guna Gelar Sosialisasi Website dan Pelatihan Google Form

Lombok Utara, FokusNTB – Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Unram 2021/2022 di Desa Sama Guna Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara menyelenggarakan kegiatan sosialisasi website dan pelatihan google form sebagai upaya menuju desa digital. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Sama Guna, Kamis (27/1/2022).

Kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini dihadiri oleh Kepala Desa Sama Guna, Perangkat Desa, Pelaksana Kewilayahan, Bhabinkamtibmas dan Tokoh Pemuda dari masing-masing dusun yang ada di Desa Sama Guna.

“Tujuan dari diadakannya sosialisai website ini untuk memperkenalkan website yang sudah kami buat yang berisi tentang potensi Desa Sama Guna, dengan demikian masyarakat luas dapat mengenal berbagai potensi yang ada di Desa Sama Guna. Kami juga mengadakan pelatihan google form dengan tujuan agar perangkat desa atau masyarakat mudah dalam pendataan secara online dan dapat mengefisiensi waktu dan tenaga”, ucap Ketua KKN Tematik Unram Syaiful Anwar Budisantoso dalam sambutannya.

Dalam sosialisasi tersebut KKN Tematik Unram memperkenalkan sebuah web/blog yang berisi potensi desa yang ada di setiap dusun Desa Sama Guna. Website tersebut bernama “SISAMANA” yang diambil 2 huruf terakhir dari kata potenSI deSA saMA guNA. website karya KKN Tematik Unram berisi potensi setiap dusun yang berada di desa sama guna mulai dari adat istiadat/budaya, wisata dan sumber daya alam maupun sumber daya manusianya.

“Ini adalah sesuatu hal yang baru dan sangat perlu bahkan sangat penting untuk desa yang baru definitif ini,” ungkap Bapak Sutarjo selaku Kepala Desa Sama Guna.

Bahkan Kepala Desa Sama Guna menegaskan bahwa perangkat Desa, pelaksana kewilayahan dan Staff harus bisa mengoptimalkan hal-hal seperti ini untuk menambah ilmu, wawasan, dan pengetahuan yang nantinya bisa digunakan untuk menunjang kinerja dalam pelayanan kepada masyarakat,” tambahnya.

Pemerintah desa dan masyarakat yang menghadiri acara sosialisasi tersebut sangat antusias dan mengapresiasi acara yang diselenggarakan oleh kelompok KKN Tematik Unram 2021/2022 yang bertema Desa Digital. Ini merupakan terobosan baru yang ada di Desa Sama Guna karena platform digital menjadi sasaran paling startegis dalam menyampaikan informasi, tak terkecuali mengenai pemerintahan dan potensi suatu desa.

Melalui acara sosialisasi website dan pelatihan google form ini, diharapkan perangkat Desa Sama Guna dan masyarakat bisa memanfaatkan sekaligus mengoptimalkan sarana digital di era 4.0 ini. (Iqbl/Red)

Related Articles

Back to top button