Edukasi

HMPS Sosiologi UTS Gelar Seminar Dengan Tema “Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila Menuju Sumbawa Gemilang Yang Berkeadaban”

Sumbawa, Fokus NTB – Dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila 6 juni 2022, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Sosiologi Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) sukses gelar kegiatan seminar pancasila dengan tema “Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Menuju Sumbawa Gemilang Berkeadaban” di aula lantai 3 Kantor Bupati Kabupaten Sumbawa pada, Rabu (08/06/2022) pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan ketua DPRD Kab. Sumbawa Irawansyah, M. IP, dekan fakultas ilmu sosial Aka Kurnia, M. Sn, dekan fakultas fsikologi dan humaniora (FPH) UTS, Roni Hartoni, M. Pd, perwakilan dari Kodim 1607 Sumbawa Kasdim Mayor Inf Achmad Noroddin Hidayat, S. Sos dan peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut yaitu perwakilan BEM UTS, perwakilan BEM STKIP, Siswa-siswi SMK Negeri 1 Sumbawa, Siswa-Siswi SMK Negeri 3 Sumbawa, MA Negeri 1 Sumbawa serta hadir juga organisasi kepemudaan (OKP) seperti HIMMAH NWDI, PMII, LMND.

Dekan FPH, Bapak Roni Hartono, M.pd menjelaskan bahwa Indonesia saat ini sangat minim dalam sumber daya manusia.

“Sehingga banyaknya persoalan yang terjadi, yang mencemari dari nilai-nilai Pancasila, sumber daya manusia yang dimaksud adalah kurangnya potensi atau pemahaman pemerintahan daerah selalu pemangku kebijakan bahkan masyarakat sendiripun banyak yang belum paham tentang tata cara pengelolaan ekonominya maka dari itu jawaban dari itu semua untuk menjadi tahapan pertama yang dilakukan adalah meningkatkan potensi Sumber Daya Manusia dalam negara (SDM),” ucapnya.

“Dengan diterapkannya Peningkatan kualitas serta potensi masyarakat maupun Pengurus pemerintahan ini salah satu cara untuk mencegah terjadinya persoalan-persoalan dibeberapa sektor, seperti pertanian, perikanan, pekerja dan lain sebagainya,” jelasnya.

Perwakilan KODIM 1607 Sumbawa, Mayor Inf Achmad Noroddin Hidayat, S.sos
Beliau menekankan untuk selalu hati-hati terhadap ancaman-ancaman yang ditimbulkan oleh perkembangan zaman.

“Harus berhati-hati jangan sampai merusak nilai-nilai Pancasila dalam jiwa pemuda maupun pelajar bahkan sistem pemerintahan sekalipun, seperti maju nya tekhnologi dan lainnya,” jelasnya.

Ia juga berharap agar tetap menyaring terlebih dahulu budaya-budaya luar serta bagaimana memanfaatkan teknologi sehingga tidak mencemari nilai-nilai Pancasila dalam negara, khususnya di kabupaten Sumbawa.

Dadang Afriansyah selaku ketua HMPS Sosiologi menyampaikan banyak terimakasih kepada pihak-pihak yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan serta yang telah memberikan dukungan baik secara moril maupun materil. (fahri/red)

Related Articles

Back to top button