EdukasiTokoh

Jihan Faradila dan Motivasi Berorganisasi Perempuan

Jihan Faradila (Foto: Istimewa).
Sumbawa, Fokus NTB – Namanya adalah Jihan Faradila lahir di Bima, NTB 10 oktober 2001. Anak pertama dari tiga bersaudara ini biasa dipanggil Jihan. Ia menghabiskan masa sekolahnya dibeberapa kota diantaranya Bima, Banjar, Mataram dan Sumbawa. Mulai dari Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi.

Ketika berumur 6 tahun, ia memulai pendidikan di beberapa SD dan tamat pada tahun 2013 di SDN 1 Sungai Danau, Banjar. Kemudian setelah lulus dia melanjutkan pendidikannya di Sekolah Menengah Pertama SMPN 1 Wawo, Bima dan pindah Sekolah Menegah Pertamanya SMPN 1 Satui, Banjar dan lulus pada tahun 2016.

Selepas lulus dari SMP ia melanjutkan Pendidikannya di SMAN 1 Satui, Banjar dan Lulus di SMAN 4 Sumbawa Besar. Setelah menyelesaikan Sekolah Menengah Atas ia terus melanjutkan pendidikannya di Perguruan Tinggi Negeri Universitas Mataram (UNRAM) dengan mengambil Jurusan D3-Perpajakan, tapi pada tahun 2020 ia memutuskan untuk pindah di Perguruan Tinggi Universitas Samawa ( UNSA) dengan Jurusan D3-Keuangan Perbankan.

Ketika menginjak kelas XI SMA tersebut, dia mengikuti lomba O2SN antar sekolah se-Kabupaten Sumbawa Besar , dan beberapa Olimpiade Fisika antar sekolah se-Kabupaten.

Selain itu ia juga pernah aktif dalam berbagai kegiatan di sekolah, Jihan bergabung di beberapa organisasi diantaranya Pramuka, Osis, dan PMR. Setelah masuk di Perguruan Tinggi pun ia ikut bergabung di organisasi seperti HMJ, BEM, GMNI. Dan bahkan pernah menjabat sebagai ketua HMPS Keuangan Perbankan. Alasan utama ia mengikuti organisasi ialah karena merasa tidak percaya diri sehingga berusaha keluar dari zona nyamannya.

Saat ini dia masih semester 4 di Unversitas Samawa (UNSA) jurusan D3-Keuangan Perbankan. (***)

Related Articles

Back to top button