Edukasi

Gandeng SD 6 Jaya Makmur, Promer UTS Desa Labangka Adakan Penanaman Pohon

Labangka, Fokus NTB – Dalam agenda Program Merdeka (Promer) UTS, mahasiswa KKN UTS Kelompok Desa Jaya Makmur Kecamatan Labangka, Kabupaten Sumbawa menyelenggarakan kegiatan penyuluhan dan penanaman bibit pohon. Kegiatan tersebut mengambil tema “Jaya Makmur Hijau dari Tangan Generasi Muda”.

Ketua kegiatan penyuluhan, Sulastri menyampaikan menanamkan rasa cinta kepada lingkungan bisa dimulai dari hal yang kecil.

“Salah satunya dengan menanam pohon. Dengan menanam pohon maka udara yang dihirup tetap bersih, ketersediaan air tanah tetap terjaga dan pohon dapat menjaga kita dari bencana banjir dan longsor. Maka dari itu sangat penting mengajarkan cinta lingkungan sejak dini,” ucapnya.

“Kegiatan tersebut melibatkan siswa-siswi perwakilan kelas 4, 5, dan 6 SD Jaya Makmur pada, Sabtu (22/10/2022),” tambahnya.

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan penanaman diawali dengan sambutan Kepala Sekolah (Kasek) yang dimana beliau sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada tim Promer Desa Jaya Makmur yang telah mengadakan kegiatan penanaman bibit pohon yang memberikan banyak manfaat dan dampak positif bagi anak-anak SD Jaya Makmur,” jelasnya.

“Penanaman dilaksanakan di halaman sekolah diharapkan tanaman yang ditanam dapat dipelihara dengan baik sehingga kelak dapat dinikmati oleh pihak sekolah,” tutur Kasek.

Lebih lanjut Sulastri menjelaskan, kegiatan menanam pohon itu bertujuan untuk memberi edukasi kepada anak-anak SD desa jaya makmur terkait pentingnya menjaga kelesatarian alam, kegiatan ini juga bertujuan untuk menyonsong terbentuknya desa wisata yang ramah lingkungan dan desa wisata yang sejuk, mengingat bahwasanya pilar yang di katakan desa wisata yaitu nyaman, aman, dan buah tangan. “Kita ingin sejak dini anak-anak dididik untuk tahu fungsi dan manfaat dari menanam pohon, sehingga tertanam dalam diri mereka untuk selalu melestarikan dan menjaga lingkungan sekitar mereka. Selain itu, mereka juga diajari bagaimana cara menanam pohon secara benar, bagaimana memindahkan bibit pohon ke tempat yang ditanam, juga menjaga dan merawat tanaman setelah dipindahkan,” jelasnya.

Tim Promer Desa jaya Makmur berharap kegiatan ini menjadi awal bagi kegiatan-kegiatan penanaman pohon selanjutnya. “Semoga dengan mengetahui manfaat dan cara menanam pohon, selanjutnya mereka akan bisa menanam pohon dengan kesadarannya sendiri. Mereka harus bisa peduli dengan lingkungan, terutama lingkungan di sekitar tempat tinggalnya, sehingga kelestarian lingkungan akan terus terjaga,” tuturnya.

Penanaman dilaksanakan di halaman sekolah diharapkan tanaman yang ditanam dapat dipelihara dengan baik sehingga kelak dapat dinikmati oleh pihak sekolah.

Tim promer desa jaya makmur berharap, kegiatan ini menjadi awal bagi kegiatan-kegiatan penanaman pohon selanjutnya. “Semoga dengan mengetahui manfaat dan cara menanam pohon, selanjutnya mereka akan bisa menanam pohon dengan kesadarannya sendiri. Mereka harus bisa peduli dengan lingkungan, terutama lingkungan di sekitar tempat tinggalnya, sehingga kelestarian lingkungan akan terus terjaga,” tuturnya.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini .Tim Promer Desa Jaya Makmur berharap kepada pihak Sekolah agar para siswa-siswi SD Jaya Makmur diberikan tanggung jawab secara bergilir untuk memelihara tanaman yang telah ditanam agar mereka tumbuh rasa cinta, agar pihak sekolah membuat kegiatan ekstrakurikuler tentang penanaman bibit pohon di halaman sekolah sehingga kegiatan untuk penghijauan di sekolah tetap ada. (Red)

Related Articles

Back to top button