Edukasi

Mahasiswa Promer UTS Sosialisasikan Program Kerja, Pemdes Labuhan Aji Beri Apresiasi

Tarano, Fokus NTB – Mahasiswa Program Merdeka Batch 5 Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) Tahun 2022 di Labuhan Aji telah melaksanakan sosialisasi terkait program kerja yang akan dilaksanakan selama Program Merdeka. Kegiatan ini berlangsung di Kantor Desa Labuhan Aji , Kecamatan Tarano, Kabupaten Sumbawa pada, kamis(03/11/2022).

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Perangkat Desa Labuhan Aji, Kepala Desa Labuhan Aji, Sekretaris Desa Labuhan Aji, Ketua BPD Desa Labuhana Aji, LPM Desa Labuhan Aji, Kepala Dusun yang ada di Labuhan Aji, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh pemuda Labuhan Aji .

Junaidi selaku Sekretaris Desa yang mewaliki kepala Desa Labuhan aji dalam sambutannya menyampaikan
bahwa, “keberadaan Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) dan berbagai program kerjanya kami beri apresiasi karena itu sangat bermanfaat bagi pemerintah Desa maupun masyarakat,” ucapnya.

Sekretaris Desa juga meyampaikan saran untuk teman-teman mahasiswa yang salah satu tugasnya sebagai penyambung lidah rakyat, kami dari pihak Desa berharap kepada rekan-rekan mahasiswa bisa membantu pihak Desa dengan menyampaikan hajat masyarakat kepada berbagai instansi yang ada di Kabupaten Sumbawa.

“Terkait pengadaan lahan budidaya rumput laut yang permanen karna sejauh ini penanaman rumput laut sebagai tumbuhan yang berpotensi di Desa Labuhan Aji hanya bermusiman saja karena tidak memiliki lahan yang tetap,” jelasnya.

Ketua Kelompok Promer UTS l, Hifzi Rahmatullah dalam pemaparannya terkait program kerja yang akan dilaksanakan.

“Kami membawa 5 Program kerja dari kampus yakni OVOP (One Village One Product), Desa Wisata, Desa Budaya, Desa Digital, Desa Rapi Administrasi. Dalam pelaksanaan program ini, kami hanya memprioritaskan 4 dari 5 program tersebut yakni OVOP seperti permen rumput laut, terasi yang berpotensi di Desa tersebut dan Desa Budaya yakni balap sampan . Dilanjutkan dengan Desa Digital dalam bentuk pembuatan Website Desa dan tertib administrasi kami akan membuat nomor rumah,” paparnya.

Hifzi juga menambahkan bahwa, “selain program perioritas kami juga memimiliki beberapa program sampingan seperti, mengajar di SD Labuhan Aji, mengajar di Madrasah Ibtidaiya yang ada di dusun terujung, ditambah juga dengan pengajian, lomba voli sebagai program yang akan direalisasi guna menyetuh langsung terhadap masyarakat,” tambahnya.

Ryan Suarantala, S.Kom., M.M selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Program Merdeka Desa Labuhan Aji menyampaikan, “saya turut merasa senang atas apa yang telah dilakukan oleh kelompok yang dibimbingnya. Karena dalam kegiatan ini, Tim Program Merdeka Desa Labuhan Aji menjelaskan terkait program inti dan program tambahan yang akan dijalankan nantinya, yang mana dalam penyampaiannya dapat dipahami dengan baik oleh pemerintah Desa,” ungkapnya.

Ryan Suarantala juga menambahkan dalam kalimatnya, “bahwa harapannya semoga dengan terlaksanakannya beberapa program ini dapat membantu masyarakat dan tentunya juga dapat mengembangkan potensi-potensi yang ada di Desa Labuhan Aji ini,” jelasnya.

Setelah pemaparan program kerja , Hazanudin M. Nur selaku ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat ( LPM ) Desa labuhan Aji sebagai yang menanggapi pemaparan program kerja menyampaikan sarannya kepada Tim promer Labuhan Aji agar membuat program kerja yang memiliki kesan terkhusus kepada masyarakat. “Membuat program kerja yang mendidik moral anak-anak di Desa Labuhan Aji seperti pesantren kilat,” ucapnya.

Dilanjutkan oleh Masdi Efendi, Wakil Ketua BPD Desa labuhan Aji sebagai yang menanggapi kedua pemaparan program kerja Tim promer labuhan Aji, ia menyampaikan bahwa apapun bentuk program kerja Tim promer, “selagi itu bermanfaat untuk Masyarakat kami akan mendukung dan membantu tim promer dalam menyukseskan programnya,” pintanya.

Masdi Efendi juga menyarankan kepada tim promer agar dapat mengembangkan budaya asli masyarakat Sumbawa, “yang bisa dikatakan hampir tidak ada lagi di desa Labuhan Aji ini yakni pencak silat Sumbawa atau lebih dikenal dengan Gentao,” pungkasnya. (Red)

Related Articles

Back to top button