Edukasi

Penerimaan Secara Resmi Tim Promer UTS Desa Labuhan Aji

Labuhan Badas, Fokus NTB – Mahasiswa yang ikut serta dalam acara penerimaan secara resmi, tim Promer Batch 5 Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) yang terdiri dari beberapa program studi yaitu Teknik Mesin, Informatika, Ekonomi pembangunan dengan jumlah 14 mahasiswa, adapun 2 orang mahasiswa luar negeri yang ikut serta melaksanakan program merdeka ini yaitu berasal dari Negara Mali dan Negara Sudan yang dimana masing – masing dari program studi Teknik Mesin dan Ekonomi Pembangunan.

Tim Promer batch 5 Universitas Teknologi Sumbawa yang di laksanakan di desa Labuhan Aji, Kecamatan Labuhan Badas merupakan Tim promer pertama kali (perdana) yang ditempatkan oleh kampus Universitas Teknologi Sumbawa.

Dalam rangka mengadakan acara penerimaan secara resmi yang akan diadakan di kantor desa Labuhan Aji tim promer batch 5 desa Labuhan Aji Kecamatan Labuhan Badas melakukan persiapan awal di hari kamis, (3/11/2022) sore dengan melakukan bersih – kantor desa seperti menyapu, mengatur kursi – kursi untuk tempat duduk tamu – tamu terhormat seperti kepala desa, staf desa, dosen pembimbing lapangan, dan ketua tim promer batch 5 desa Labuhan aji serta tamu undangan yaitu para petinggi-petinggi desa seperti kepala dusun, tokoh masyarakat, dan Organisasi yang berada dibawah naungan desa.

Pada, Jumat (4/11/2022) pagi tepatnya pukul 08:00 tim promer Labuhan Aji sudah bersiap – siap di kantor desa Labuhan Aji untuk menyambut tamu undangan, kemudian setelah para tamu undangan hadir dan untuk mempersingkat waktu tim Promer memulai pembukaan acara yang di mana susunan dari kegiatan yang pertama yaitu pembacaan ayat suci al qur’an, kemudian sambutan dari ketua tim Promer, sambutan dari dosen pembimbing lapangan, dan sambutan dari kepala desa Labuhan Aji.

Adapun penyampaian dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Sofyatri S.S,.M.Sc, “setiap kali saya ke Pulau Moyo saya melihat bahwa Pulau Moyo ini adalah sepotong surga yang ada di muka bumi dengan berbagi keindahannya, sebelumnya saya sangat berterima kasih kepada kepala desa, staf desa, perangkat desa dan masyarakat desa labuhan aji yang telah menerima tim program merdeka dengan lapang dada untuk melaksanakan kegiatan yang di mana kegiatan ini yaitu program merdeka,” ucap Sofyatri.

“Program merdeka ini adalah program yang di gagas oleh Universitas Teknologi Sumbawa di mana mereka mengirimkan mahasiswa untuk tinggal di desa selama satu semester. Dan ini baru kali pertama kami sampai di Pulau Moyo, dan mungkin ada beberapa program kerja yang akan dijalankan oleh teman – teman mahasiswa selama berada di sini, dan mungkin ini bukan program kerja yang besar atau wow, dan di sini mahasiswa kami bukan hanya dari Sumbawa saja namun ada juga yang berasal dari Mali Afrika, kemudian ada juga dari Sudan, dan adapun keluaran dari kegiatan mereka nanti yaitu berupa Artikel dan Modul,” jelas Sofyatri.

“Dan nanti akan ada penyampaian program kerja dari teman – teman mahasiswa dan saya mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya atas keterbukaan kepala desa dan staf desa serta masyarakat Desa Labuhan Aji yang telah menerima teman – teman mahasiswa dengan sangat baik,” ujar Dosen pembimbing Lapangan Tim Program Merdeka Desa Labuhan Aji.

Kemudian disusul dengan penyampaian dari Kepala Desa Labuhan Aji Bapak Sofyan “ sebelumnya kami mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada teman – teman mahasiswa yang akan memberikan kontribusinya kepada kami dan semoga kedatangannya ini memberikan dampak positif bagi masyarakat desa Labuhan Aji dan dampak positif bagi teman – teman mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa. Dan semoga dengan adanya kegiatan program merdeka ini yang akan dilaksanakan oleh Universitas Teknologi Sumbawa bisa berdampak baik bagi kami semua, kami pemerintah desa sangat berterima kasih kepada UTS karena program merdeka ini perdana oleh UTS. Sekali lagi kami sebagai perangkat desa mewakili seluruh masyarakat desa labuhan aji menerima teman – teman mahasiswa dari Universitas Teknologi Sumbawa dengan lapang dada, ikhlas, dan menerima melebihi nilai kebaikan,” ujar Sofyatri.

Setelah penyampaian dari bapak kepala desa Labuhan aji dan telah di terimanya tim program merdeka Batch 5 Universitas Teknologi Sumbawa kemudian tibalah di acara penyerahan baju tim program merdeka kepada kepala desa Labuhan Aji, sebagai tanda telah di terimanya mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa untuk melaksanakan kegiatan Program Merdeka di Desa Labuhan aji, Kecamatan Labuhan Badas selama 1 semester.

Setelah melakukan serangkaian kegiatan penerimaan tim program merdeka batch 5 Universitas Teknologi Sumbawa, kegiatan selanjutnya mensosialisasikan program kerja yang telah disusun oleh tim program merdeka yang di mana terdapat beberapa program kerja berdasarkan hasil keadaan lapangan. Dalam penyampaian program kerja ini kepala desa, staf desa, dan tamu undangan sangat antusias mendengarkan program kerja yang dipaparkan oleh tim program merdeka Universitas Teknologi Sumbawa dan di akhir dari kegiatan sosialisasi program kerja dibuka sesi diskusi. Setelah selesainya pemaparan program kerja dan sesi diskusi, kemudian kegiatan pada hari tersebut ditutup dengan pembacaan doa dan foto bersama. (Tim Promer UTS Desa Labuhan Aji)

Related Articles

Back to top button