Edukasi

Secuil Cerita Promer UTS Desa Sebewe Mengajarkan Pentingnya Arti Sebuah Kebersamaan

Moyo Utara, Fokus NTB – Cerita berawal dari pada, Rabu (7/11/2022) kami sejumlah 13 orang dari 3 program study yang berbeda memulai perjalanan indah dengan sejuta kisah bagaimana tidak, perjalanan kami ini diawali tanpa belum ada yang mengenal satu sama lain.

Program merdeka itulah yang menyatukan kami dengan satu visi dan tujuan yang sama yang telah ditentukan kampus lokasi dan desanya masing-masing.

Alhamdulillah kami mendapatkan lokasi yang cukup dekat dengan kampus dan kota sumbawa yaitu di desa Sebewe, kecamatan Moyo utara, suatu desa yang sudah sedikit maju akan segi perekonomian dan pembangunannya maklum karena masih tergolong dekat dengan pusat kota sumbawa begitulah informasi yang kami dapatkan dari teman-teman yang sebelumnya pernah melakukan KKN di desa yang sama. Tapi saat kami menginjakkan kaki kami pertama kali di desa tersebut justru berbanding terbalik desa dengan tiga dusun tersebut yaitu dusun sebewe, senampar dan sabang masihlah tergolong desa yang masih harus diperhatikan pembangunan dan perekonomiannya dengan adanya beberapa keluarga yang masih dalam kategori kurang mapu atau miskin dan insfrastruktur jalan yang masih perlu di perhatikan oleh pemerintah. Dengan tekad dan tujuan yang sama kami memulai langkah dengan mempersiapakan dan membersihkan posko atau tempat menginap kami dan mulai merapikan barang-barangnya masing-masing.

Setelah berjalannya waktu keakraban yang sudah terjalin akhirnya mulai menjadikan kami semakin kompak dan semangat dalam menjalankan program pengabdian kepada masyarakat mulai dari mengadakan Jumat bersih setiap minggunya, merapikan administrasi desa yang cukup menguras tenaga, silaturahmi ke beberapa tokoh masyarakat mulai dari kepala desa serta perangkatnya, kepala dusun, alim ulama, hingga masyarakat lainnya.

Kehidupan yang kami jalani saat ini mengajarkan kami banyak arti mulai dari pentingnya sebuah kebersamaan, kekompakan, kekeluargaan, kenapa tidak makan dan minum di rumah bersama, mandi di tempat yang sama, tidur di kamar yang sama menjadikan kami layaknya sebagai seorang saudara. Semoga di perjalan program merdeka kami ini kami dapat dan terus bisa menjalankannya dengan baik hingga tuntas nantinya, bisa bermanfaat bagi desa, dan akhirnya kembali ke kampus dengan hasil yang sempuran dan memuasakan. (Tim Promer UTS Desa Sebewe)

Related Articles

Back to top button