Edukasi

Kunjungi SDN 2 Sabedo, Promer UTS Manfaatkan Limbah Plastik Jadi Kerajinan Tangan

Utan, Fokus NTB – Mahasiswa PROMER Batch 5 UTS 2022 mengadakan kunjungan ke SDN 2 Sabedo Kec. Utan, Sumbawa, Rabu (9/11/2022). Kunjungan ini bertujuan untuk menambah wawasan siswa/i dalam pemanfataan limbah plastik sebagai kerajinan tangan berupa tirai dinding.

Kerajaninan tangan berupa Tirai Dinding ini bermanfaat untuk menambah hiasan kelas di SDN 2 Sabedo, memiliki nilai jual dan nilai guna, mengurangi pencemaran lingkungan dan lain-lain.

Selain itu, Pencemaran lingkungan yang disebabkan oeh sampah terutama plastik  adalah hal yang tidak bisa dihindari lagi saat ini. Pencemaran oleh bahan yang tidak dapat terdegradasi oleh alam tersebut dapat dikurangi dengan cara 3R yaitu mendaur ulang, menggunakan kembali dan mengurangi pemakainnya. Metode daur ulang adalah salah satu metode kreatif.

Proses pengolahan limbah plastik hingga siap pakai juga lebih mudah dilakukan dibandingkan bahan baku alam yang melalui banyak tahapan seperti proses pengeringan dan pewarnaan. Pemanfaatan limbah plastik seperti tirai dinding yang bisa didesain dari bahan limbah plastik tersebut.

Adapun langkah-langkah dalam pembuatan kerajinan tangan berupa tirai dinding yaitu, Pisahkan lingkaran (ring) gelas plastik menggunakan gunting dan cutter, Buang atau rapikan sisa sisa potongan atau plastik yang menempel dipinggrir ring, Lalu Potong gelas sesuai dengan yang ditandai tadi, Kemudian lipatkan plastik pada ring tersebut, Selanjutnya merakit ring dengan empat ring sehingga berbentuk layang layang, Memberi perekat pada bagian bagian penyambung ring, Lalu memberi aksesoris berupa gantungan bunga plastik pada bagian tengah ring.

Selain itu, adapun bahan dan alat pembuatan tirai dari gelas plastik yaitu  Gelas Plastik bekas, Gunting, Cutter, Benang Woll, Plastik Tanggung dengan dua varian warna (Contoh Merah dan putih).

Berdasarkan hasil kerajinan tangan dari limbah plastik tersebut, bermanfaat untuk hiasan kelas, kamar, ruangan dan lain-lain. Selain itu, jika dijual tirai tersebut maka akan menambah nilai jual dan nilai guna pada kerajinan tangan tersebut. (Tim Promer UTS Desa Sabedo)

Related Articles

Back to top button