OpiniPeristiwa

Kesiapan Sektor Pariwisata dalam Menyambut Ajang Motocross Grand Prix (MXGP) di Kabupaten Sumbawa

Yumita Rada Bota
Mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Negara Fakultas FISIPOL Universitas Samawa

Ajang Motocross Grand Prix (MX GP) merupakan ajang kompetesi balapan motor kelas internasional yang biasanya dilakukan di beberapa negara di seluruh dunia. Kabupaten Sumbawa yang merupakan bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Barat mendapat kesempatan untuk menjadi tempat berkompetisinya para pembalap motorcross yang berasal dari berbagai negara di seluruh dunia.

Ajang ini merupakan momen untuk dapat meningkatkan pendapatan daerah dan juga meningkatkan pendapatan perekonomian masyarakat di Kabupaten Sumbawa. Sektor pariwisata di Kabupaten Sumbawa juga akan mendapat banyak kesempatan untuk dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupum asing dan hal ini tentunya harus dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah, untuk memaksimalkan potensi pariwisata yang ada sebagai tahap perkenalan kepada dunia melalui ajang kompetisi balapan motorcross ini.

  1. Potensi Wisata
    Sektor pariwisata di Kabupaten Sumbawa merupakan sektor yang berkembang dan atau sedang dikembangkan, adapun dari potensi wisata yang ada di Kabupaten Sumbawa, berdasarkan data Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa bahwa, wisata yang ada di Kabupaten Sumbawa dibagi menjadi 3 yaitu, tempat wisata berdasarkan sejarah, contohnya Istana Dalam Loka, makam Geti Puti, dan lain-lain, kemudian ada wisata berdasarkan alam contohnya, Pulau Moyo, Teluk Saleh, dan lain-lain, kemudian terakhir, wisata buatan atau tempat atau daerah potensi yang sengaja dibuat menjadi tempat wisata, contohnya seperti taman-taman kota.
  2. Kesiapan Pariwisata
    Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa sebagai tuan rumah penyelenggara ajang MX GP Samota 2022, walaupun sebenarnya melibatkan banyak pihak dalam penyelenggaraannya, tapi tetap saja pemerintah daerah harus mengambil banyak keuntungan. Salah satunya adalah harus mempersiapkan sektor pariwisata sebagai salah satu cara menyambut para wisatawan yang akan datang, selain untuk menyaksikan ajang MX GP juga diharapkan dapat menikmati destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sumbawa.

Dengan adanya momen ini diharapkan dapat meningkatkan sektor pariwisata yang berorientasi pada peningkatan pendapatan daerah. Jadi ada banyak hal yang harus diperhatikan serta dapat dimanfaatkan oleh pemerintah, sebagai berikut:
a. Kesiapan transportasi wisatawan
b. Kesiapan tour guide
c. Kesiapan penginapan
d. Kesiapan paket-paket wisata

Dari semua hal yang perlu diperhatikan di atas, tentunya diharapkan dapat dikelola dan dikembangkan oleh pemerintah sendiri guna memaksimalkan pendapatan daerah atau Pendapatan Asli Daerah (PAD), walaupun misalnya ada kerjasama dengan swasta dalam menyediakan fasilitas pariwisata dan lain-lain, tetapi harua dibarengi dengan perjanjian yang mengarah pada keuntungan daerah yang lebih besar.

Dari semua destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sumbawa dirasa sudah siap, tinggal memfasilitasi serta strategi pemasaran yang efektif guna menarik minat kunjung wisatawan. Sekali lagi, ajang ini merupakan momen yang baik guna meningkatkan pendapatan daerah, jangan sampai ajang ini menjadi lahan bisnis ugal-ugalan yang tidak mengarah pada kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat lokal.

Secara keseluruhan sektor pariwisata selalu siap tetapi pada momen atau ajang MX GP ini tentunya harus lebih dipersiapkan lagi dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, guna meningkatkan pendapatan daerah dan mengembangkan industri pariwisata di Kabupaten Sumbawa agar lebih dikenal di mata dunia, dan nantinya akan berdampak positif bagi pendapatan daerah dari sektor pariwisata, minimal dapat memberdayakan masyarakat yang tinggal di kawasan pariwisata.

FokusNTB

Pengelola menerima semua informasi tentang Nusa Tenggara Barat. Teks, foto, video, opini atau apa saja yang bisa dibagi kepada warga. Untuk berkirim informasi silakan email ke fokusntb@gmail.com

Related Articles

Back to top button