OpiniPeristiwa

Dampak Ekonomi MXGP Samota bagi Sumbawa

Ika Fikrianingsi
Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Semester ll (Dua),
Universitas Samawa (UNSA).

Motocross Grand Prix (MXGP) merupakan event balapan motor trail internasional yang akan diadakan di Indonesia. Gelaran resmi MXGP of Indonesia akan digelar dari tanggal 24-26 Juni di Rocket Internasional Circuit di Samota, Sumbawa. Gelaran ini terbagi menjadi dua kelas, diantaranya MX2 dan MXGP.  Bupati Sumbawa Mahmud Abdullah mengatakan peluang ini adalah jalan untuk membuktikan Sumbawa sanggup menggelar event internasional. Event ini milik masyarakat Sumbawa bukan hanya masyarakat NTB yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.  Ini tantangan dan peluang bagi masyarakat, tak sekedar gelaran balap tapi dampak ekonomi dan lain lain, ujar komandan lapangan MXGP of Indonesia, Ridwansah dalam keterangan persnya, Jumat (27/5). Dengan  kegiatan internasional seperti MXGP dan MotoGP, kita dipaksa untuk berinteraksi dengan keragaman dan hal hal baru yang dengan sendirinya kita akan banyak belajar dan berubah.

Gelaran MXGP di Samota, Sumbawa, diyakini akan mendatangkan berkah di bidang ekonomi bagi warga lokal. Hal ini dapat dilihat dari sukses serupa yang dirasakan banyak warga di saat menghadapi gelaran WSBK dan MotoGP Mandalika. Seperti keterangan yang disampaikan oleh salah satu warga Lombok, NTB, “Alhamdulillah, di event MotoGP kemarin, saya juga dapat nih debu-debu ekonominya MotoGP”. Dari berjualan kaos MotoGP sampai menyiapkan penginapan untuk wisatawan, ujar Anugrah Fajar Fahrurazie. Fajar meyakini, digelarnya MXGP di Sumbawa, tentu akan berdampak sangat besar bagi warga NTB, khususnya warga Sumbawa. Contohnya di bidang pariwisata, perhelatan ini akan menarik wisatawan ke Sumbawa. Ketika wisatawan datang, hotel-hotel akan penuh, rumah makan, dan UMKM akan laris manis. Untuk warga Sumbawa bisa memanfaatkan peluang ekonomi, ujarnya.

Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah mengatakan kegiatan Motorcross Grand Prix (MXGP) di Samota memberikan banyak manfaat bagi daerah selain dikebutnya sejumlah pembangunan infrastruktur berstandar internasional juga menumbuhkan investasi dan ekonomi bagi masyarakat. Manfaat itu ditegaskan Gubenur Zulkieflimansyah di Mataram,  menjawab banyaknya pertanyaan seputar manfaat yang diperoleh bagi daerah terkait diselenggarakannya MXGP di Samota. Ia mengatakan keuntungan gelaran tersebut bagi masyarakat, UKM, petani, nelayan, pengusaha dan peran pemerintah provinsi (Pemprov) dalam penyelenggaraan tersebut akan mengakselerasi pembangunan dan ‘memaksa’ perubahan terjadi dalam berbagai bidang.

Menurut Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Sumbawa Dewi Noviany, M.Pd mengatakan, event MXGP Samota ini menjadi ajang yang sangat strategis untuk memperkenalkan produk-produk lokal. Karena itulah ratusan pelaku UMKM yang sudah dikurasi diberi kesempatan untuk melapak di sekitar Samota selama event berlangsung. Ada 350 UMKM lokal yang terlibat di MXGP ini yang dibagi menjadi empat jenis, misalnya UMKM kuliner ada 50, selanjutnya UKM yang menjual hasil kerajinan tangan dan lain sebagainya,” tambah Dewi Noviany. UMKM yang melapak dalam perhelatan internasional itu tidak perlu membayar sewa. Namun akan ditanggung dan disiapkan oleh Event Organizer (EO) MXGP, yakni Rocket Motor Company, ujar Kepala Dinas Koperasi dan UMKM (Diskop UMKM) Provinsi NTB, Ahmad Masyhuri, Senin, 6 Juni 2022.

Jadi secara umum, event MXGP ini akan berdampak pada peningkatan perekonomian daerah dan peningkatan ekonomi masyarakat Sumbawa khususnya. Karena akan ada ribuan orang yang datang ke Sumbawa untuk menonton event internasional ini. Sehingga ini akan berdampak secara signifikan terhadap peningkatan ekonomi daerah dan masyarakat Sumbawa khususnya.

FokusNTB

Pengelola menerima semua informasi tentang Nusa Tenggara Barat. Teks, foto, video, opini atau apa saja yang bisa dibagi kepada warga. Untuk berkirim informasi silakan email ke fokusntb@gmail.com

Related Articles

Back to top button