AgendaPemerintahan

Peduli Lingkungan, Anggota DPR RI Komisi IV Johan Rosihan Gelar Bimtek RHL di KSB

Sumbawa Barat, Fokus NTB – Dalam upaya menjaga lingkungan hutan, salah satu Anggota Komisi IV DPR RI, H. Johan Rosihan, ST Mengelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Rehabilitasi Pelaksanaan Hutan dan Lahan (RHL) di Kabupaten Sumbawa Barat, dimana kegiatan ini dilaksanakan di Aula Resto Kedai Sawah, Taliwang, Kabupaten Sumbawa barat, Rabu (27/7).

Perlu diketahui, kegiatan dibuka langsung oleh Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan, serta dihadiri Kepala Kepala BPDAS HL Dodokan Moyosari, Umar Sari, S. Sos., MSc, Kepala Balai KPH Brang Rea Puncak Ngengas, Dadan Kuswardhana, S Hut dan seratus peserta perwakilan dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Sumbawa Barat.

Dalam kesempatan itu Johan Rosihan menyampaikan bahwa betapa penting Sosialisasi dan Bimtek RHL dilakukan dalam upaya untuk memulihkan, mempertahankan, dan meningkatkan fungsi hutan dan lahan guna meningkatkan daya dukung, produktivitas dan peranannya dalam menjaga sistem penyangga kehidupan.

“Fenomena bencana banjir dan longsor, serta kondisi lahan kritis menjadi alasan pentingnya upaya RHL,” ungkap Johan.

Kemudian Johan juga menyampaikan dalam upaya melestarikan lingkungan bukanlah perkara yang sulit. Maka melalui kegiatan ini masyarakat sadar akan pentingnya menjaga hutan dan lingkungan dan peduli terhadap kondisi lingkungan sekitar.

“Pelestarian hutan menjadi tanggung jawab kita bersama dan semua pihak.. Maka apabila kita sadar akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, tentu hal itu, tidak akan terjadi kerusakan. Selama ini yang menjadi faktor kerusakan lingkungan adalah manusia itu sendiri. Oleh karena itu dengan kegiatan Bimtek ini, agar masyarakat tergerak hatinya untuk menjaga kelestarian alam,” ujarnya.

Selain itu Johan menambahkan agar sosialisasi dan Bimtek ini diharapkan dapat menyadarkan masyarakat akan bahaya penebangan dan membakar hutan. Apabila kegiatan tersebut dibiarkan begitu saja pepohonan akan semakin sedikit dan oksigen yang dihasilkan juga sedikit dan sangat rentan akam bencana alam.

Lanjut Johan antusias sangat mendukung kegiatan dan program penanaman pohon produktif, dan dirinya akan siapkan bibitnya. Selain itu Johan juga akan mengupayakan agar program kampung buah bisa terealisasi di wilayah KSB, guna menjaga kelestaria hutan tetap sehat dan bermanfaat kedepannya. (Dediy)

Related Articles

Back to top button