Edukasi

Pemdes Jaya Makmur Dukung Penuh Program Merdeka Bacth 5 UTS Tahun 2022

Labangka, Fokus NTB – Mahasiswa Program Merdeka Batch 5 Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) Tahun 2022 di Desa Jaya Makmur telah melaksanakan sosialisasi terkait program kerja yang akan dilaksanakan selama Program Merdeka. Kegiatan ini berlangsung di Kantor Desa Jaya Makmur, Kecamatan Labangka, Kabupaten Sumbawa pada, Selasa (25/10/2022).

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Perangkat Desa Jaya Makmur, Kepala Desa Jaya Makmur, Sekretaris Desa Jaya Makmur, Ketua BPD Desa Jaya Makmur, LPM Desa Jaya Makmur, Kepala Dusun Desa Jaya Makmur, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, dan juga Tokoh pemuda Desa Jaya Makmur.

Kepala Desa Jaya Makmur, Nurdin dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “dengan kehadiran mahasiswa UTS ini, saya berharap adik-adik sekalian dapat membawa dampak yang lebih baik kedepannya. Silahkan singsingkan baju, jangan ragu-ragu dalam menjalankan program karena kami selaku Pemerintah Desa mendukung penuh kegiatan Program Merdeka yang akan dilaksanakan,” ucap Nurdin.

Ketua Kelompok Promer, Aji Darmawansyah dalam pemaparan terkait program kerja yang akan dilaksanakan Program merdeka Desa Jaya Makmur menyampaikan bahwa, “kami membawa 5 Program kerja yakni OVOP (One Village One Product), Desa Wisata, Desa Budaya, Desa Digital, Desa Rapi Administrasi. Dalam pelaksanaan program ini, kita hanya memprioritaskan 3 dari 5 program tersebut yang diantaranya adalah OVOP, Desa Wisata, dan Desa Budaya sesuai dengan potensi desa yang telah kami diskusikan dan observasi sebelumnya,” jelas Aji.

Aji juga menambahkan bahwa, “melihat keindahan Pantai yang ada di Desa ini dapat menarik minat masyarakat baik dalam maupun luar daerah dengan pengeloaan dan pengadaan sarana dan prasarana yang mendukung agar lebih menarik. Selain itu, pantai tersebut memiliki potensi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat,” ucap Aji.

“Dan juga dengan keberagaman suku yang ada di desa ini seperti suku Sumbawa, Sasak, Mbojo, Bali Islam, Bali Hindu, dan Jawa dapat menjadi daya tarik dalam pengembangan budayanya,” tambah Aji.

Setelah melakukan pemaparan terkait program kerja, ada sesi tanya jawab dan diskusi bersama. Ketua BPD dan ketua LPM dalam diskusi siap membantu dan mendukung segala aktivitas yang bersifat membangun.

Ketua BPD, Jaharudin Ibrahim menyampaikan bahwa, “ini program yang luar biasa di desa kita, kami selaku pemerintah desa sudah seharusnnya membantu apapun yang menjadi kegiatan adik-adik sekalian apalagi dapat membantu mengembangkan dan memajukan Desa,” jelas Jotan sapaan akrabnya.

Ketua LPM, Ahyar juga menambahkan bahwa, “besar harapan saya bahwa adik-adik dapat membawa perubahan kearah yang lebih baik, bahkan bisa menciptakan suatu karya yang bisa bermanfaat bagi kita semua. Oleh karena itu, dengan adanya adik-adik bisa memberikan motivasi sehingga kita smua bisa bersemangat dalam berswakarya, bergotong-royong,dan bersemangat dalam membangun Desa,” ucap Ahyar.

Aji juga menambahkan bahwa berdasarkan hasil diskusi, kita dapat menjadikan masukan dan saran dari audiens sebagai acuan dan pertimbngan dalam menjalankan program kerja.

“Kami akan berusaha memberikan yang terbaik selama Program Merdeka bagi desa ini dengan berkolaborasi bersama perangkat desa serta masyarakat. Oleh sebab itu, kami berharap juga agar seluruh elemen masyarakat dapat ikut andil dalam setiap kegiatan yang akan kami laksanakan,” tutup Aji.

Kontributor: Dewi
Editor: Hamran

Related Articles

Back to top button