Edukasi

Tim Promer UTS Wujudkan Desa Rapi Adiministrasi, Pemdes Maronge Siap Dukung Penuh

Maronge, Fokus NTB – Mahasiswa yang tergabung dalam Program Merdeka (Promer) Batch 5 Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) Desa Maronge telah diterjunkan ke lokasi dan secara simbolis diserahkan kepada pemerintah desa (pemdes) Maronge, Senin (10/10/2022) di Aula jantor desa Maronge, kecamatan Maronge, Kabupaten Sumbawa.

Sebanyak 6 mahasiswa program studi Akuntansi telah menyusun program kerja berupa terbentuknya desa rapih administrasi. Administrasi desa adalah proses kegiatan pencatatan data dan informasi pada penyelenggaraan pemerintahan desa yang dicatat dalam buku administrasi desa.

Untuk terealisasinya program desa rapih administrasi ini, tim promer tentunya melakukan kegiatan piket rutin di Kantor Desa Maronge guna membantu pelayanan kepada masyarakat. Adapun jenis rapih administrasi yang dilakukan adalah rapih administrasi penduduk. Misalnya pembuatan surat keterangan usaha, surat keterangan kematian, pembuatan surat kehilangan, dan pembaharuan Kartu Keluarga.

Sejalan dengan terwujudnya desa rapih administrasi, Tim Promer juga sedang berusaha agar terbentuknya rapih administrasi pada bidang keuangan. Misalnya buku anggaran dan belanja desa, buku kas pembantu kegiatan, serta buku kas umum.

Dari program kerja yang telah dirancang oleh Tim Promer UTS, Pemerintah Desa Maronge memberikan respon yang baik dan siap mendukung mahasiswa dalam setiap pelaksanaan program kerja kegiatan Program Merdeka. (Tim Promer UTS Desa Maronge)

Related Articles

Back to top button