Edukasi

MBKM UTS Mengajar Sosialisasikan Program Kerja di SMKN 3 Sumbawa Besar

Sumbawa, Fokus NTB – Mahasiswa program MBKM Uts Mengajar Uiversitas Teknologi Sumbawa (UTS) Tahun 2022 di SMKN 3 Sumbawa Besar telah melaksanakan sosialisasi terkait MBKM program kerja yang akan dilaksanakan di SMKN 3 Sumbawa Besar. Kegiatan ini berlangsung di area sekolah SMKN 3 Sumbawa Besar, kecematan Unter iwes, kabupaten Sumbawa besar pada, Rabu (26/10/2022).

Dalam acara tersebut dihadiri oleh kepala sekolah, dan guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan sastra, serta siswa siswi kelas 10 BDP, 10 Animasi, SMK Negeri 3 Sumbawa Besar.

Pak Akmal selaku wakil kepala sekolah SMKN 3 Sumbawa Besar, mewakili ibu kepala sekolah dalam sambutannya menyampaikan bahwa keberadaan mahasiswa KKN dan berbagai program kerja nya kami beri apresiasi karena itu sangat bermanfaat bagi siswa siswi kelas 10, wakil kepala sekolah juga menyampaikan saran untuk teman teman mahasiswa yang salah satu tugasnya menyambungkan lidah siswa,kami dari pihak sekolah berharap kepada rekan rekan Mahasiswa bisa membantu pihak guru dalam menyampaikan materi dari guru kepada setiap siswa kelas 10 yang ada di SMK Negeri 3 Sumbawa Besar.

Dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dan sastra Indonesia, “Melestarikan Kearifan Lokal Dalam Bentuk Cerita Rakyat”, yang dimana kegiatan ini akan ditampilkan dan diperagakan dalam bentuk drama yang bertemakan cerita rakyat Sumbawa tentang “Kisah Seorang Gadis Sumbawa Sombong dan Angkuh”.

Dimana kisah cerita tersebut mengisahkan seorang gadis yang sedang menempuh pendidikan disalah satu Universitas didalam kota Sumbawa Besar, dia memiliki latar belakang sifat yang sangat sombong dan angkuh ,yang dimana dia selalu mementingkan kepentingan pribadi untuk dirinya sendiri dibandingkan kepentingan yang sedang dialami oleh orang tuanya.Latar belakang orang tua gadis itu sebut saja “Nilam”, sangatlah memperihatinkan, pekerjaan ibu dan bapaknya adalah seorang petani yang dimana penghasilan setiap harinya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan satu hari saja, tidak untuk beberapa hari.

Ibu Nilam hanyalaah seorang buruh sawah yang dimana setiap ada musim tanam padi maupun musim panen padi ibunya mengambil upah yang sudah ditentukan oleh sipemilik sawah tersebut,sedangkan bapaknya hanya seorang petani biasa yang mengurus lahan sawah yang tak seberapa.Sekilas tentang drama yang akan ditampilkan oleh siswa siswi kelas 10 yang terdiri dari 5 orang.

Sangat tinggi apresiasi dan antusias dari siswa siswi untuk mengikuti dan menampilkan drama yang akan dipentaskan pada tanggal 19 november 2022 yang bertempat di SMKN 3 Sumbawa Besar dan besar harapan dari guru mata pelajaran tersebut agar tidak sampai disitu saja pemaparan dan praktek yang sudah dilakukan, tetapi dapat dilangsungkan hingga kedepannya.

Related Articles

Back to top button