Edukasi

Tim UTS Mengajar Ajak Siswa SMAN 1 Moyo Utara Olah Limbah Plastik Jadi Bata Ringan

Moyo Utara, Fokus NTB – Tim UTS Mengajar Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) dari Program Studi Teknik Metalurgi yang beranggotakan 8 orang mengajak siswa/siswi SMAN 1 Moyo Utara membuat bata ringan dengan bahan utama berupa limbah plastic yang dicampur dengan sekam padi. Pembuatan bata ringan dari limbah plastic ini merupakan salah satu program kegiatan dilaksanakan oleh tim UTS Mengajar di SMAN 1 Moyo Utara.

Pelaksanaan pembuatan bata ringan dilakukan bersama siswa/siswi SMAN 1 Moyo Utara kelas X dan Kelas XI selama 2 pekan. Pelaksanaan kegiatan ini berawal dari pengumpulan limbah plastic bersama siswa/siswi, pencacahan, proses pelelehan, pencampuran dengan sekam padi pencetakan hingga finishing. Dari proses pelelehan hingga pencetakan membutuhkan waktu lebih kurang 30 menit. 1 kg cacahan limbah plastic yang digunakan menghasilkan 1 buah bata plastic.

Antusias siswa/siswi SMAN 1 Moyo Utara dalam membuat bata dari limbah plastik cukup tinggi. Deangan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan produktifitas siswa/siswi, menjadi solusi baru untuk mengurangi dan mengatasi masalah limbah plastic, sekaligus menambah pengetahuan dan pengalaman siswa/siswi SMAN 1 Moyo Utara.

Related Articles

Back to top button