EdukasiKabar WargaSosial

TIM PROMER UTS REVITALISASI PANTAI SENTIGISEBAGAI SALAH SATU DESTINASI WISATA DESA LUK

Sumbawa, FokusNTB – Program Merdeka Mahasiswa UTS (Universitas Teknologi Sumbawa) batch 7 menjalankan program desa wisata dengan membantu Karang Taruna dan Pokdarwis dalam mengembangkan dan menghidupkan kembali wisata pantai Sentigi yang diharap mampu meningkatkan perekonomian desa.

Tim Promer UTS Desa Luk yang terdiri dari 15 mahasiswa melakukan revitalisasi kawasan pantai Sentigi (1/10). Pemilihan revitalisasi pantai ini dikarenakan masih kurangnya perhatian dari pemerintah bahkan dari masyarakat sekitar terhadap keberadaan pantai. Tujuan jangka panjang revitalisasi ini adalah menjadikan Pantai Sentigi sebagai salah satu destinasi pariwisata Desa Luk, dalam hal ini masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan daerah pantai yang telah direvitalisasi. Misalnya dengan mengadakan penjualan makanan dan minuman, souvenir,dan lain sebagainya.

Salah satu anggota tim Promer UTS Desa Luk mengungkapkan permasalahan yang ada perlu untuk diperhatikan lagi oleh pemerintah desa dan bahkan oleh masyarakat desa itu sendiri, meski terbilang ruwet untuk di selesaikan, dengan adanya program desa wisata ini diharapkan mampu mendongkrak dan meningkatkan perekonomian desa Luk.

Untuk memulai revitalisasi perlu dilakukan pembersihan pantai dan melakukan publikasi di media sosial. Publikasi ini sangat penting untuk memperkenalkan pantai Sentigi kepada masyarakat umum. Tentunya proses revitalisasi ini tidak mudah untuk dilakukan karena terkendala administrasi desa yang begitu rumit, tapi Tim Promer UTS, Karang Taruna dan Pokdarwis tidak kehabisan akal, dalam hal ini mereka memanfaatkan barang-barang bekas seperti, botol air minum dan ban mobil yang kemudian dikreasikan menjadi beberapa kerajinan yang digunakan untuk mengurangi penggunaan dana nantinya, selain itu mereka juga menambahkan beberapa spot foto untuk menarik pengunjung.

Bantuan yang diberikan oleh tim Promer UTS memudahkan Karang Taruna dan Pokdarwis dalam mengembangkan pantai Sentigi. Sebenarnya Karang Taruna dan Pokdarwis sudah memiliki opsi namun terkendala konsep dan bantuan masyarakat sekitar. Dengan bantuan tim Promer UTS, diharapkan pantai yang direvitalisasi ini dapat dimanfaatkan secara bertahap oleh masyarakat desa Luk.

Related Articles

Back to top button