BudayaPeristiwa

Taman Budaya NTB Gelar Pameran Seni, Dukung Perupa NTB Berkreasi

Mataram, Fokus NTB – Taman Budaya Nusa Tenggara Barat menyelenggarakan pameran seni rupa bertajuk “ME(REKA) pada 14-21 Juni 2024 di Galeri Taman Budaya NTB. Pameran yang dikuratori oleh Muhammad Tomi ini menyajikan karya seni dari 10 perupa. Para perupa yang menyajikan karya tersebut antara lain Wisnu Aji Kumara, Syarif Hidayatullah, Dulhayi, Mizan, Kris Tambora, L. Agus Noviandi, Derry Firmansyah, Ade Dhinus, Oji Bangunpagi, dan Phalonk.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nusa Tenggara Barat, Lalu Abdurrahim, SPd, MH dalam pembukaan pameran sangat mengapresiasi berlangsungnya pameran seni rupa ini.

“Saya berbahagia bisa bertemu dengan para pengasah nurani. Orang-orang yang memiliki kepentingan pikiran sehingga dapat mengeluarkan goresan dan warna yang baik,” ucapnya, Jumat (14/6).

Pada kesempatan yang sama, Kepala Taman Budaya Nusa Tenggara Barat, Sabarudin menerangkan pihaknya membuka ruang seluas-luasnya untuk perupa muda dan perupa senior menyajikan karyanya.

“Taman budaya merupakan titik kumpul, ruang kreatif untuk menghasilkan karya-karya budaya,” jelasnya.

Kurator pameran M. Tomi dalam pembukaan menuturkan bahwa, pameran ini dapat dimaknai sebagai usaha kontemplatif dalam membingkai alam pikir guna menciptakan peluang kreatif dan kemungkinan baru dari pola, cara pandang dan patron lama.

“Kontemplasi tersebut dilakukan oleh para seniman dengan kesadaran dan tanggung jawab yang penuh serta diharapkan mampu menghadirkan tanggung jawab yang penuh serta diharapkan mampu menghadirkan karya-karya berupa realitas baru atau realitas tandingan,” ucapnya.

Karya-karya dalam pameran ini, tambahnya, diharapkan dapat diresapi secara imajinatif, dan mampu melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang lain, berdasar wawasan yang tercermin dalam re-ka-an yang sedang dihadapi oleh masing-masing individu. (A11)

FokusNTB

Pengelola menerima semua informasi tentang Nusa Tenggara Barat. Teks, foto, video, opini atau apa saja yang bisa dibagi kepada warga. Untuk berkirim informasi silakan email ke fokusntb@gmail.com

Related Articles

Back to top button