Uncategorized

Mahasiswa KKL UNSA Gelar Pelatihan Pembuatan Pakan Fermentasi

Sumbawa Besar, Fokus NTB – Dalam rangka menghadapi tantangan ketersediaan pakan ternak di musim kemarau, Mahasiswa KKL UNSA Desa Plampang Kec. Plampang menggelar pelatihan pembuatan pakan Fermentasi bagi para peternak lokal. Pelatihan yang berlangsung pada hari Sabtu, 10 Agustus 2024 bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dalam membuat pakan alternatif yang tahan lama dan bergizi tinggi, sehingga kebutuhan pakan ternak tetap terpenuhi meskipun di tengah musim kering.

Sebagai intsruktur dipelatihan itu, mahasiswa KKL mendatangkan dosen Fakultas Peternakan UNSA, Pak Cecep Budiman, S.Pt., MP.

Pemerintah Desa Plampang yang diwakili oleh bapak Firmansyah menyambut baik pelatihan pembuatan pakan Fermentasi mengingat sebagaian besar warga Desa Plampang, kec. Plampang berprofesi sebagai petani dan peternak

Selain itu sambung pak Firmansyah, “Dengan adanya pakan Fermentasi, peternak tidak perlu khawatir kekurangan pakan untuk ternak mereka. Pakan Fermentasi dapat menjadi solusi efektif untuk menjaga ketersediaan pakan ternak sepanjang tahun,”

Sementara itu salah seorang mahasiswa KKL, Fitriyanti menjelaskan, pakan Fermentasi (Silase) merupakan hijauan makanan ternak yang diawetkan menggunakan teknik fermentasi.

Bahan pakan yang digunakan untuk pembuatan pakan Fermentasi meliputi rumput lapangan, lamtoro, dedak padi, molasee dan EM4. “Bahan tersebut lebih dulu dicacah kemudian dicampur sebelum disimpan dalam wadah tertutup,” paparnya.Setelah disimpan selama 14 hari dan pakan Fermentasi dapat diberikan ke ternak.

Pelatihan itu sendiri disambut antusias oleh petani peternak.Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para peternak dapat lebih mandiri dan mampu menghadapi tantangan perubahan musim, sehingga produksi ternak dapat tetap stabil dan ekonomi peternakan terus meningkat.

Related Articles

Back to top button