PemerintahanPeristiwa

Pemda Dompu Sukses Gelar Upacara Peringatan HUT RI Ke-79

Dompu, Fokus NTB – Pelaksanaan Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia tingkat kabupaten Dompu, Sabtu (17/8) pukul 10.00 WITA, berjalan dengan sukses. Di momen peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 2024 ini, Pemerintah Republik Indonesia mengusung tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju”.

Pelaksanaan peringatan Detik Detk Proklamasi di kabupaten Dompu berjalan dengan lancar. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Dompu H. Kader Jaelani. Sedangkan yang bertugas sebagai Komandan Upacara, IPDA Arsyan Kelvin, S.Tr.K (Kepala Unit Penegakan Hukum Satuan Lantas Polres Dompu).

Adapun Komandan Pasukan, yakni Serka Amiruddin (Babinsa Koramil 1614-01/Dompu), pembawa baki pagi Baiq Nabila Laura Aswin asal sekolah SMAN 1 Dompu, pembentang bendera yaitu siswa SMAN 1 Dompu juga,  bernama Abizar Gathan Bernadib (SMAN 1 Dompu). Sedangkan pengerek adalah Rafly Annur Rezqy (SMAN 1 Dompu) dan Ferry Sulistiyan Putra (SMAN 1 Kempo).

Pembaca Teks Proklamasi yaitu Inspektur Upacara Bupati Kader Jaelani. Adapun pembaca Naskah Pembukaan UUD 1945 Ketua DPRD Dompu H. Andi Bachtiar. Mengakhiri upacara pembacaan doa oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dompu H. Syamsul H. Ilyas.

Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-79 RI di Lapangan Beringin Dompu dihadiri juga oleh Wakil Bupati H. Syahrul Parsan, Sekda Gatot Gunawan PP, Forkopimda, LVRI, para Pimpinan OPD dan Kabag Lingkup Pemda Dompu, MUI, FKUB, Kalapas, Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Dompu, Duta Pancasila Paskibraka Indonesia (DPPI) Kabupaten Dompu, Camat serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Usai Upacara, para hadirin menyaksikan penampilan memukau dari Polisi Cilik Polres Dompu, yang telah dilatih oleh AIPTU Mahsin (Sat Binmas Polres Dompu). Penampilan para polisi cilik ini mendapat apresiasi dari Bupati Dompu dan para tamu undangan lainnya.

sumber foto : Emo (koran lensa pos)

Bupati Dompu memberikan apresiasi dengan mengacungkan jempol beberapa kali selama penampilan tersebut, mengakui betapa menawannya pertunjukan yang disajikan. Penampilan polisi cilik sungguh menawan dan penuh semangat. Mereka menunjukkan bahwa generasi muda kita siap meneruskan estafet kepemimpinan dengan penuh kebanggaan,” ucapnya.

Pada upacara Penurunan Bendera, Wakil Bupati H. Syahrul Parsan menjadi Inspektur Upacara. Komandan Upacara Kapten Inf. Adisan (Pasi Intel Kodim 1614/Dompu). Sedangkan Perwira Upacara Kapten CZi Arif Budimansyah (Pasi Ops Kodim 1614/Dompu). Komandan Pasukan (Danpas) Serka Amiruddin (Babinsa Koramil 1614-01/Dompu).

Terlihat pada Paskibraka yang bertugas pada sore hari, adalah Raihannah Fitri Qonita, siswi SMAN 2 Dompu, yang dipercayakan untuk membawa baki bendera merah putih. Sedangkan pengerek dan pembentang yaitu Alham (SMAN 2 Dompu), Muslihul Masa’il (SMAN 1 Dompu) dan Fawwaz Rahmat Zuhayr, juga merupakan siswa SMAN 1 Dompu.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Dompu, Ardiansyah atas nama Pemda Dompu menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat atas kesuksesan pelaksanaan upacara pengibaran maupun penurunan bendera merah putih di Lapangan Beringin Pemda Dompu.

“Saya mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu mengucapkan syukur Alhamdulillah bahwa pada Peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 tahun ini dapat kita laksanakan dengan baik, penuh khidmat,” ucapnya.

Dikatakannya, kesuksesan penyelenggaraan Peringatan HUT ke-79 ini bisa dicapai atas kerja sama seluruh komponen.

“Terutama saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh sekolah yang telah mengirimkan utusannya di dalam seleksi penerimaan calon Paskibraka di tahun 2024 ini,” kata pria yang biasa disapa Simpe Dian itu.

Mantan Kabag Prokopim Setda Dompu ini juga mengapresiasi Pengurus dan anggota Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Dompu dan Duta Pancasila Paskibraka Indonesia (DPPI) Kabupaten Dompu yang telah banyak membantu dari awal sampai akhir pelaksanaan HUT RI Tingkat Kabupaten Dompu ke-79.

“Mudah-mudahan kerja sama ini tetap bisa kita laksanakan di tahun-tahun berikutnya,” harapnya.

Sumber foto : Prokopim Dompu NTB

Fokus NTB

FokusNTB - Kabar Warga Nusa Tenggara Barat | email : fokusNTB@gmail.com

Related Articles

Back to top button