EdukasiEkonomi Bisnis

Kembangkan UMKM, Mahasiswa KKL Unsa Promosikan Produk Lokal Desa Tarusa

Sumbawa Besar, Fokus NTB – Mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Universitas Samawa (Unsa) Angkatan ke-26, Kelompok 23 Desa Tarusa Kecamatan Buer mengadakan Sosialisasi UMKM yang bertemakan ” Pengembangan dan Promosi Produk Lokal Desa Tarusa”. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan strategi pemasaran produk-produk lokal dari desa Tarusa.

Program kerja tersebut berlangsung pada Selasa (16/07/2024) di dusun Desa Tarusa Batu, Kecamatan Buer Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Desa Tarusa merupakan salah satu Dari sekian banyak Desa Yang berada di Kecamatan Buer yang memiliki potensi desa dan produk lokal yang berkualitas. Beberapa produk lokal masyarakat desa Tarusa oleh mahasiswa KKL di desa Tarusa melakukan sosialisasi yaitu, Virgin Coconut Oil (VOC), Kembang Goyang, Kawa Desa( KA’DES), yang bertujuan untuk meningkatkan dan memberikan cara strategi pemasaran yang tepat kepada konsumen.

Strategi pemasaran produk-produk harus diketahui oleh masyarakat guna meningkatkan penjualan.

“Ada 5 strategi Pemasaran untuk meningkatkan penjualan antara lain, Pilih lokasi yang strategis, Menggunakan internet marketing, melakukan promosi secara langsung, dan menjalin hubungan dengan pelanggan,” ucap Wulan Juniasti salah satu mahasiswa KKL sekaligus pemateri di acara sosialisasi tersebut.

Selain kegiatan pengembangan dan promosi produk lokal, Mahasiswa KKL ikut membantu proses pembuatan produk Virgin Coconut Oil, KA’DES dan Kembang Goyang, sembari melakukan pengambilan video dan cara pengeditan foto dan video sebagai bahan promosi.

Kegiatan tersebut disambut antusias oleh ibu-ibu UMKM dan masyarakat desa Tarusa.

Related Articles

Back to top button