Polhukam

Novi-Talif Berkomitmen Fokus Garap Sektor Pertanian dan Peternakan

Sumbawa Besar, Fokus NTB – Ketahanan Pangan disamping sebagai persyaratan untuk memenuhi pangan masyarakat, juga menjadi kedaulatan suatu bangsa, oleh karenanya ketahanan pangan bangsa menjadi sesuatu yang harus diwujudkan oleh semua elemen masyarakat.

Sektor pertanian dan peternakan mempunyai peranan yang sangat penting dalam membangun perekonomian nasional termasuk perekonomian daerah.Hal inilah yang mendasari paslon nomor urut 1 (satu), Novi-Talif, untuk menjadikan sektor pertanian dan peternakan menjadi salah satu fokus utamanya.

Hal ini disampaikan oleh Ir Talifuddin, M.Si dalam kampanye tatap muka yang dilaksanakan di Desa Banda, Kecamatan Tarano (Jum’at, 27/9/2024).Dalam kesempatan tersebut, Cawabup yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa ini, menjelaskan bahwa dirinya bersama Hj Dewi Noviany, S.Pd M.Pd, berkomitmen untuk fokus terhadap peningkatan produktivitas petani. Hal ini dilakukan guna menjaga ketahanan pangan dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Bebarapa upaya yang akan dilakukan untuk meningkatkan produktivitas pertanian adalah memastikan ketersediaan pupuk bersubsidi, memastikan ketersediaan benih berkualitas, menjaga keterjangkauan harga pupuk nonsubsidi, stabilitas harga, pengelolaan sumber daya air, pendistribusian air yang merata, serta program lainnya.

“Insyaallah kami sangat serius dan fokus untuk sektor ini. Karena orong lekeng ini adalah hajat hidup orang banyak,” tegas pak Talif dalam kampanyenya yang di dampingi langsung oleh H Lalu Budi Suryata SP, ketua tim pemenangan dan kampanye Novi-Talif. Lebih lanjut, Pak Talif, akrab disapa Cawabup Low Profile ini, menjelaskan bahwa sektor pertanian dan peternakan akan diintegrasikan guna mendapatkan agroekosistem yang mendukung produksi pertanian, peningkatan ekonomi dan pelestarian sumberdaya alam.

“Kami menawarkan sistem pertanian terpadu yang merupakan sistem pertanian yang mengintegrasikan kegiatan sub sektor pertanian, tanaman, ternak, ikan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas sumber daya (lahan, manusia, dan faktor tumbuh lainnya), yang mendukung produksi pertanian, peningkatan ekonomi dan pelestarian sumberdaya alam, serta kemandirian dan kesejahtraan petani secara berkelanjutan,” tawarnya yang disambut tepuk tangan meriah masyarakat di Desa Banda.

“Hal ini akan bisa dilakukan tentunya peran aktif dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Sumbawa dengan memenangkan pasangan Novi – Talif dalam pilkada sumbawa nanti,” harapnya.

Related Articles

Back to top button