BudayaOlahraga

Kenakan Batik, Ratusan Onthelis NTB Peringati Hari Batik Nasional

Mataram, Fokus NTB – Komunitas Sepeda Tua Indonesia Nusa Tenggara Barat (KOSTI NTB) kembali menggelar kegiatan Ngontel dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, Minggu (6/10/2024). Kegiatan ngonthel tersebut bertujuan untuk melestarikan warisan Budaya Indonesia.

Adapun tema yang diangkat pada Hari Batik Nasional tahun ini yakni “Lestarikan Budaya Indonesia”, kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 100 orang yang terdiri beberapa anggota club sepeda onthel dari Kota Mataram, Kab. Lombok Utara dan Kab. Lombok Barat. Peringatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya dan juga menjadi tempat untuk menjalin silaturahmi antar onthelis-onthelista.

Untuk rute yang dilalui mereka memulai perjalanan dari Tembolak, by pass di lingkar selatan Kota Mataram dan finish di Taman Udayana.

Ketua KOSTI NTB Agus Cahyono, S.H., M.M., menjelaskan kegiatan Ngontel Sehat Berbudaya ini selain diselenggarakan di Kota Mataram juga diselenggarakan juga oleh club onthel di Kab. Lombok Tengah, Kab. Sumbawa dan Kab. Sumbawa Barat, hal ini sesuai dengan surat edaran yang diberikan oleh KOSTI Pusat.

“Jadi teman-teman onthelis diberbagai daerah di NTB serentak melaksanakan Ngonthel Hari Batik Nasional sekaligus mengkampanyekan kepada masyarakat untuk mencintai dan bangga dengan budaya Bangsa Indonesia khususnya batik,” ujarnya.

Menurutnya, kita sebagai warga negara Indonesia patut berbangga karena batik merupakan salah satu warisan budaya leluhur Indonesia yang sudah diakui UNESCO sejak 2 Oktober 2009 sebagai Warisan Budaya Tak Benda.

“Saya berharap melalui kegiatan ngonthel sehat berbudaya ini dapat memotivasi kita dan meningkatkan kesadaran masyarakat NTB akan pola hidup yang sehat serta mengkampanyekan untuk bangga menggunakan batik dalam segala kegiatan sehingga nantinya akan tertanam jiwa nasionalisme dalam diri kita masing-masing” Jelasnya(Yp).

FokusNTB

Pengelola menerima semua informasi tentang Nusa Tenggara Barat. Teks, foto, video, opini atau apa saja yang bisa dibagi kepada warga. Untuk berkirim informasi silakan email ke fokusntb@gmail.com

Related Articles

Back to top button